Senin, 11 April 2011

GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SMP NEGERI 10 LAMTEH KOTA BANDA ACEH




Oleh: Musriadi
          NIM: 0809200050043

Komisi Pembimbing:
1. Dr. Murniati AR, M.Pd
2. Dr. Djailani AR, M.Pd

ABSTRAK
Gaya kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor penentu peningkatan kinerja guru dan keberhasilan pendidikan di sekolah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru yang tercermin dalam peningkatan tentang tanggung jawab, disiplin dan komitmen guru sebagai indikator kinerjanya. Dengan mengunakan metode deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data observasi, wawancara, studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru. Penelitian ini memberikan kesimpulan menunjukkan bahwa: (1) Dalam meningkatkan tanggung jawab guru seperti menjunjung nilai-nilai kebersamaan dan mensosialisaikan visi dan misi sekolah mengunakan gaya kepemimpinan delegatif sedangkan untuk mesosialisasikan tata tertib dan peraturan sekolah yang telah ditetapkanmengunakan gaya kepemimpinan intruktif, (2) Dalam meningkatkan dispilin guru seperti ketepatan waktu hadir kesekolah dengan jadwal yang telah di tentukan mengunakan gaya intruktif sedangkan pembagian tugas secara fair sesuai denagn keahliannya masing-masing mengunakan gaya kepemimpinan konsultasi, dan (3) Dalam meningkatkan komitmen guru seperti kepala sekolah bersikap adil dalam pembagian tugas maupun kesejahteraan yang berpedoman kepada regulasi dan program mengunakan gaya kepemimpinan delegatif

Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan dan Kinerja Guru




vii
 
PRINCIPAL LEADERSHIP IN STYLE
IMPROVING PERFORMANCE ON TEACHER
SMP NEGERI 10 LAMTEH
KOTA BANDA ACEH


ABSTRACT
(Musriadi)

Leadership style is one of the principal determinants of performance improvement of teachers and educational success in school. This study aims to describe the leadership style of principals in improving teacher performance, reflected in the increase of responsibility, discipline and commitment of teachers as key performance indicators. Using a qualitative descriptive method. Observation data collection techniques, interviews, documentation study. The subjects were principals, vice principals and teachers. This research concludes that: (1) To increase the responsibilities of teachers such as upholding the values of togetherness and to socializing school vision and mission to principal uses delegative leadership style and to socialize school regulation the principal uses inductive leadership style, (2) In improving teacher disciplinary such as punctuality, the principal uses inductive leadership style and to give duties fairly based on teacher skill the principal uses consultative leadership style, and (3) Improving teachers commitment like principal being fair in giving duties and in dealing with teacher welfare referring to duties they have, the principal uses delegative leadership style.  

Keywords: Leadership Style and Teacher Performance  


viii
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar